(RPP)
Nama Sekolah : xxxxxxxxxMata Pelajaran : IPS TerpaduKelas / Semester : VII/II
Standar Kompetensi : 4. Memahami Usaha Manusia Untuk Mengenali Perkembangan Lingkungannya.Kompetensi Dasar : 4.1 Menggunakan peta, atlas dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan.Indikator : 4.1.1 Membedakan peta, atlas dan globe.4.1.2 Mengidentifikasi jenis dan bentuk dan pemanfaatan peta.4.1.3 Mengidentifikasi informasi geografis pada peta, atlas dan globe.4.1.4 Mengartikan berbagai skala.4.1.5 Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinasi.Alokasi Waktu : 3 x 40 Menit
A. Tujuan PembelajaranSetelah selesai kegiatan pembelajaran siswa dapat:1. Membedakan peta, atlas dan globe.2. Mengidentifikasi jenis dan bentuk dan pemanfaatan peta.3. Mengidentifikasi informasi geografis pada peta, atlas dan globe.4. Mengartikan berbagai skala5. Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinasi.
B. Materi Pembelajaran1. Pengertian peta, atlas dan globe.2. Jenis peta dan bentuk peta.3. Penggunaan indeks, daftar isi, garis lintang dan bujur serta keterangan tepi pada peta, atlas dan globe untuk mencari informasi geografis pada peta.4. Skala peta.5. Memperbesar dan memperkecil peta.
C. Metode PembelajaranCeramah, Tanya Jawab dan Penugasan
D. MediaChart
E. Kegiatan Pembelajarana. Kegiatan Pendahuluan- Membaca salam dan baca basmalah (religius).- Guru memeriksa kebersihan kelas dan mengabsen siswa (disiplin, jujur dan sehat).- Melakukan apersepsi (kreatif dan kritis).- Guru memotivasi siswa tentang pentingnya materi yang akan dipelajari (inovatif dan kritis).- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran (kreatif dan terbuka).b. Kegiatan Inti1. Eksplorasi- Guru meminta siswa untuk membaca referensi tentang peta, atlas, peta globe, jenis, bentuk dan pemanfaatan peta (percaya diri, cinta ilmu dan inovatif).- Beberapa siswa diminta untuk menjelaskan materi tentang peta, atlas, peta globe, jenis, bentuk dan pemanfaatan peta (tanggungjawab dan kritis).2. Elaborasi- Melalui tanya jawab guru menjelaskan tentang materi pembelajaran (kritis dan kreatif ).- Siswa mengamati chart yang ditampilkan guru (kreatif).- Siswa berperan aktif dalam kegiatan tanya jawab dikelas yang difasilitasi guru (berani dan sportif).- Siswa menjelaskan pengertian peta, atlas, peta globe, jenis dan bentuk peta (berani, sportif percaya diri dan kreatif).3. Konfirmasi- Dalam Tanya jawab guru menjelaskan dan meluruskan semua pendapat siswa (menghargai dan prestasi).- Guru menanyakan hal-hal yang belum dimengerti siswa (menghargai dan terbuka).- Guru menjelaskan kembali hal-hal yang belum dimengerti siswa (tanggungjawab).- Guru memberikan reward kepada siswa yang telah aktif dalam kegiatan pembelajaran (sportif).c. Kegiatan Penutup- Siswa diberi kesempatan untuk menyimpulkan materi yang diajarkan hari ini dengan bimbingan guru (percaya diri, terbuka dan kreatif).- Guru menyempurnakan kesimpulan siswa (menghargai prestasi).- Memberikan kuis/penilaian pada akhir pembelajaran (kritis).- Memberikan tugas rumah (tanggungjawab).- Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya (cinta ilmu dan kritis).
F. Sumber/ Bahan/Alat Belajar1. Kurnia, anwar. 2010. IPS Terpadu SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Yudistira2. Mulyadi, dkk.2007. IPS Terpadu SMP/MTs Kelas VII. Semarang: Aneka Ilmu3. Nurdin, muh, dkk. 2008. Materi Belajar IPS Untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas
G. PenilaianTeknik Penilaian : Tes TulisanBentuk Penilaian : Tes UraianInstrumen Soal :
Tes Uraian1. Coba jelaskan pengertian peta, atlas dan globe?2. Sebutkan bentuk-bentuk peta!3. Sebutkan manfaat dari peta!4. Jelaskan pengertian dan kegunaannya?5. Jelaskan perbedaan peta umum dan peta khusus?
Kunci Jawaban1. Xxxxxxxx2. Xxxxxxxxx3. Xxxxxxxx4. \xxxxxxx5. Xxxxxxxxx
Home »
» Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Hmm Seperti Itu Ternyata Contoh Pembelajaran RPP , Terima Kasih Gan Sudah Memberitahunya
ReplyDeleteinfonya bagus, tapi sekarang RPP itu KI sama KDnya udah diatur sama pemerintah dan dijelaskan di buku guru karena kurikulum 2013, selain itu kegiatan intinya sudah menggunakan metode scientific. seperti itulah.
ReplyDeletekunjungi juga blog saya gan
http://herlanggajuniarko.blogspot.co.uk/