Headlines News :
Home » » Hubungan Ilmu Sosiologi dengan Ilmu Sosial Lain

Hubungan Ilmu Sosiologi dengan Ilmu Sosial Lain



      Hubungan Sosiologi dengan Ilmu Sosial Lain
Secara langsung maupun tidak langsung sosiologi berkaitan dengan ilmu-ilmu lain dari berbagai segi kehidupan manusia karena sosiologi adalah ilmu yang mengkaji masyarakat dalam teori dan prakteknya seperti sejarah-ekonomi-politik-antropologi dan psikologi sosial.
1.    Sosiologi dan Sejarah
Merupakan dua ilmu sosial yang sama-sama mengkaji kejadian dan hubungan yang dialami manusia. Sejarah lebih difokuskan pada peristiwa yang terjadi pada masa lampau, juga ingin menemukan sebab-sebab terjadinya suatu peristiwa dan sejarah menaruh perhatian khusus pada sifat-sifat unik dari peristiwa-peristiwa sejarah sedangkan sosiologi hanya mengamati peristiwa-peristiwa yang merupakan proses sosial yang muncul dari hubungan antar manusia dalam situasi dan kondisi yang berbeda-beda.
Artinya, sejarah menyoroti perbedaan-perbedaan yang terjadi pada peristiwa-peristiwa yang sama, sedangkan sosiologi menyoroti persamaan-persamaan yang ada dari peristiwa yang berbeda.
2.    Sosiologi dan Ekonomi
Ekonomi merupakan ilmu yang menyelidiki semua fenomena yang berhubungan dengan usaha-produksi-konsumsi dan distribusi sumber daya.
Contohnya : ekonomi berusaha memecahkan masalah yang timbul karena tidak seimbangnya persediaan pangan dengan jumlah penduduk dengan cara menaikkan produksi bahan pangan.
Sosiologi berusaha melihat permasalahan ini dengan melibatkan unsur-unsur dalam masyarakat misalnya petani
3.    Sosiologi dan Politik
Politik meneliti tentang pemerintah dan menjelaskan kompleksitas- pemerintahan antara lain mempelajari tentang upaya untuk memperoleh kekuasaan-kekuasaan usaha untuk memperoleh kekuasaan-penggunaan kekuasaan. Sosiologi memusatkan perhatiannya pada segi-segi masyarakat yang bersifat umum untuk memperoleh kekuasaan digambarkan oleh sosiologi sebagai salah satu bentuk persaingan atau konflik.

4.    Sosiologi dan Antropologi
Antropologi memusatkan perhatiannya pada masyarakat tradisional yang masih sederhana kebudayaannya, sedangkan sosiologi mengamati masyarakat-masyarakat modern yang strukturnya sudah kompleks. Jika kita melihat masyarakat yang sedang berada dalam roses peralihan sebagai sebuah proses saling mempengaruhi antara unsur-unsur tradisional dan unsur-unsur modern, maka Antropologi lebih memandang pada unsur-unsur tradisionalnya, sedangkan sosiologi lebih mengamati unsur-unsur yang modern. Intinya sosiologi dan antropologi merupakan dua ilmu sosial yang saling berkaitan dan melengkapi satu sama lain.
5.    Sosiologi dan Psikologi Sosial
Ilmu psikologi sosial meneliti perilaku manusia sebagai individu antara lain meneliti tingkat kepandaian seseorang, kemampuannya, daya ingatannya, impian-impiannya dan perasaan kecewanya. Jadi psikologi sosial adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari pengalaman dan tingkah laku individu yang ditimbulkan dan dipengaruhi oleh situasi-situasi sosial.
Share this article :

3 comments:

kum

bayar klick

Popular Posts

Followers

 
Support : Creating Website | Ashar | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. ILMU DAN CERITA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Netipli Teksiskom