Headlines News :
Home » » Peran Pemerintah Dalam Perekonomian

Peran Pemerintah Dalam Perekonomian



Peran Pemerintah Dalam Perekonomian
a.       Pemerintah sebagai pelaku ekonomi yaitu harus sebagai penyedia fasilitas :
1)      Pemerintah melalui Bank Indonesia memberikan bantuan dana  kepada Bank Bankyang sedang mengalami kesulitan dana.
2)      Memberikan bantuan modal kepada koperasi, usaha kecil, usaha menengah yang sedang berkembang.

3)      Membantu memasarkan hasil produksi perusahaan gula dan beras melalui perum bulog.
4)      Pemerintah melalui departemen pekerjaan umum (PU) menyediakan prasarana berupa jalan dan jembatan untuk membantu proses pendistribusian produk badan usaha.
5)      Pemerintah mengimpor kedelai dari brasil untuk menjamin ketersedian bahan baku perusahaan kecap dan produsen tempe.
b.       Pemerintah sebagai pengatur ekonomi bertugas mengatur badan usaha agar sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Perhujudan peran sebgai pengatur ekonomi dapat dilihat memlalui beberapa peraturan dan kebijakan pemerintah sebagai berikut :
a)      Pemerintah mellui UU No,5 tahun 1999 mengatur larangan praktik monopoli dan persaing tidak sehat. Pada UU ini pemerintah mengatur persaingan usaha yang sehat menjamin adanya kepastian kesampatan berusaha yang sama baik bagi pelaku usaha besar, menengah, kecil.
b)      Melelui UU No, 25 tahun1992 pemerintah mengatur kegiatan koperasi, dlam UU ini diatur segala sesuatu yang berkaitan dengan  koperasi mulai dari tata cara pendirian, kperasi onalisasi, tata cara pembubaran koperasi.
c)      Pemerintah melalui peraturan pemerintah (PP) No,16 tahun1997 mengatur tentang waralaba. PP ini menmgatur segala sesuatu yang berkaitan dengan tata cara penyelenggaraan waralaba.
d)     Pemerintah mengatur pemanfaatan tenaga nuklir PP No,64 tahun 2000 pada PP in di atur tentang segala sesuatu berkaitan dengan pemanfaatan tenaga nuklir, mulai dari perizinan, tata cara pemanfaatan, pengolahan limbah, kewajiban dan penanggung jawab pemegang izin. 

Share this article :

4 comments:

  1. Keren gan.. Ilmu yang bermanfaat..

    ReplyDelete
  2. kapan ya gua bisa berperan kayak gini? mungkin nanti, nice share!

    visit ya officialbronis.blogspot.com/2013/11/terios7wonders-habis-indah-terbitlah.html makasih :)

    ReplyDelete

kum

bayar klick

Popular Posts

Followers

 
Support : Creating Website | Ashar | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. ILMU DAN CERITA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Netipli Teksiskom