Headlines News :
Home » » Fungsi Manajemen

Fungsi Manajemen







Fungsi manajemen
Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manejer dalam melaksnakan kegiatan untuk mencapai tujuan. Menurut George R. Terry ada 4 fungsi manajemen sebagai berikut:
1.      Perencanaan  ( Planning)
Dalam menjalankan usaha atau organisasi seorang menejer harus menyusun rencana sebelum melangkah. Menyusun rencana berarti memikirkan langkah yang akan dikerjakan dengan sumber yang ada. Dengan maksud mempermudah mencapai tujuan perusahaan.
Manfaat melakukan perencanaan:
a.       Membantu menyesuaian perusahaan dari perubahan-perubahan lingkungan.
b.      Membantu penempatan tanggung jawab dengan lebih tepat.
c.       Membuat tujaun lebih khusus, terperinci, dan lebih mudah dipahami.
d.      Menghemat waktu, usaha dan dana.
e.       Memudahkan koordinasi di antara berbagai bagian organisasi.

2.      Pengorganisasian ( Organizing)
Adalah menciptakan suatu struktur dengan bagian-bagian yang terinteraksi sehingga hubungan antar bagian menyatu dalam keseluruhan struktur tersebut. Pengorganisasian bertujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian juga bertujuan mempermudah menejer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi

3.      Penggerakan ( Actuating)
Proses menggerakkan orang-orang agar mau bekerja dengan sendirinya dengan penuh kesadaran dan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan yang dikehendaki. Dalam mengerakkan karyawan, seorang pemimpin harus memiliki cara pendekatan yang baik seperti dapat berkomunikasi dengan baik, berfikir kreatif, berinisiatif, memberi petunjuk dan memberi stimulus pada karyawan.
4.      Pengawasan ( controlling)
Merupakan tindakan untuk menilai atau mengawasi jalannya suatu kegiatan agar tercapai tujuan yang telah ditetapkan. Pengawasan dilakukan bertujuan untuk menghinadri kesalahan, penyimpangan atau penyelewengan yang tidak sesuai dengan rencana yang ditetapkan.

Share this article :

1 comment:

kum

bayar klick

Popular Posts

Followers

 
Support : Creating Website | Ashar | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. ILMU DAN CERITA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Netipli Teksiskom